TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Tips membuat kabel stik ps awet

Kerusakkan sering sekali terjadi terutama dialami oleh rental-rental Playstation karena sering dipakai oleh banyak pengguna terutama anak-anak kecil. Dari pengalaman pribadi, kerusakan stik kontrol ini disebabkan karena :

* Penggunaan stik yang sembarangan
* Menggulung kabel stik setelah pemakaian
* Kabel stik berkualitas rendah/jelek


Kerusakan kebanyakan terjadi karena salah satu kabel ada yang terputus yang biasanya selalu muncul pesan untuk memasukkan controller di port game, atau kalau sedang dalam permainan tiba-tiba pause dengan sendirinya. Untuk memastikannya kamu harus membuka stik dan memeriksa sambungan masing-masing kabel, caranya :
Buka stik, cek sambungan kabel satu persatu menggunakan AVO Meter/Multi Tester dan diset di 1X (mengukur hambatan). Cara nge-tesnya tempelkan salah satu jarum tester di ujung kabel dan jarum tester yang satunya di ujung kabel yang dites. Jika jarum bergerak menuju angka 0 berarti kabel masih terambung, dan jika jarum tidak bergerak berarti kabel terputus.

Jika semua kabel sudah dicek dan salah satu kabel ada yang terputus, maka langkah selanjutnya adalah memotong kabel stik kira-kira 10 cm dari PCB stik.






Cek kembali kabel menggunakan AVO Meter, dan jika masih terputus juga, coba potong lagi sepanjang 10 cm. dan jika kabel sudah bagus semua, pasang kembali ke PCB sesuai warna kabel sebelumnya.

Supaya kamu tidak bingung dalam pemasangan kabel, sebaiknya digunakan cara cabut pasang, jangan cabut semua kabelnya di PCB stik. Cabut satu dulu, umpamanya kabel warna merah dulu yang dicabut, dan pasang kabel warna merah. Begitu seterusnya sampai semua kabel terpasang.

Nah… ini bagian yang utama. Bagaimana seandainya kabel sudah dipotong-potong dan sampai pendek tapi masih juga terputus salah satu kabelnya? Ya kalau begitu ganti aja dengan kabel yang baru. Beres khan..? sory bercanda….

Kita bisa bikin kabel stik dengan kreasi kita sendiri, bahkan kualitasnya jauh lebih bagus dari kabel stik original.
Mau tau caranya? Yuuuk..

Bahan yang harus dipersiapkan adalah :

* Selang kecil (selang yang biasa digunakan untuk water pump aquarium)
* Kabel tunggal email diameter 0,2 atau 0,5




Cara membuatnya :
Potong selang sepanjang 2 meter atau terserah sesuai selera kamu.

Potong kabel email lebih panjang dari panjang selang sebanyak 8 potong. Seandainya panjang selang 2 meter panjang kabel email 2m lebih 10cm.
Masukkan ke-8 kebel email ke dalam selang, kamu bisa mengakalinya dengan terlebih dahulu memasukkan kawat di dalam selang, baru kemudian ikatkan email di ujung kawat sementara ujung kawat yang lain kita tarik keluar dari selang.

Buka colokkan kabel stik yang rusak dengan cara mengiris bagian samping menggunakan silet. Lakukan dengan hati-hati, jangan sampai meleset kena tangan kamu.



Jika sudah terbuka akan terlihat 8 buah warna kabel beserta pin-pin-nya, penahan pin, penahan kabel, seperti terlihat pada gambar di bawah ini :



1. 8 kabel warna, dari posisi seperti gambar di atas : Hijau, kosong, Biru, Kuning, Merah, Hitam, Abu-abu, Orange, Coklat.
2. Penahan Pin
3. Penahan kabel


Supaya tidak lupa letak warna kabelnya, alangkah baiknya kalau kamu carar dulu urutan kabelnya.
Cungkil ke atas penahan pin dengan obeng, seperti gambar di bawah ini :







Setelah terbuka keluarkan ke-8 pin dengan cara mencongkel keluar dengan menggunakan jarum peniti seperti gambar di bawah ini :





Setelah ke-8 pin dikeluarkan, buka kabelnya dan gantilah dengan kabel email. Ujung dari kabel email kita korek (kupas menggunakan cutter) supaya email pembungkusnya hilang, dan timah solder bisa menempel. Setelah semua pin (8 pin) kita ganti dengan kabel email (8 kabel), masukkan kembali ke lubangnya, pasang rapat penahan pin seperti semula, yang tak kalah penting pasang pula penahan kabel di ujung selang. Tutup kembali dan rekatkan dengan menggunakan lem (gunakan lem alteco yang asli), jika sudah selesai, seperti gambar di bawa ini :


Kemudian di ujung kabel yang lain, pasang ke 8 kabel email ke tempat masing-masing di papan PCB stik. Di sini anda harus teliti jangan sampai tertukar karena warna kabel email sama semuanya. (urutan warna pin colokan stik dapat berpedoman dari urutan pin warna di atas atau dari urutan warna pin yang sudah kamu catat tadi).

Jika sudah selesai dan semua kabel dipastikan sudah disolder di tempat masing-masing, pasang selang seperti gambar di bawah ini :






Kalau sudah tutup kembali, pasang murnya dan kamu akan mendapatkan stik dengan kabel kreasi kamu sendiri.





Jika kamu mengerjakannya dengan teliti dan hati-hati, kamu akan mendapatkan kabel stik kreasi sendiri yang kualitasnya lebih baik daripada kabel bawaan stik yang menggunakan kabel serabut.


Selamat mencoba.
 
Powered By m40linux | Portal Design By ntungGAME © 2009 | Resolution: 1024x768px | Best View: Firefox | Top